Artikel tentang Media Pembelajaran Bahasa Arab

Wasail Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah

Oleh: Siti Pujiati Nengse (D02212031)

MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

 

A.    Pengertian Media Pembelajaran

       Definisi Media Pembelajaran, Media berasal dari kata “Medium” yang berasal dari bahasa latin “Medius” yang berarti “tengah” atau “sedang”. Pengertian media mengarah pada sesuatu yang mengantar/meneruskan informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan (Latuheru, 1988:9). Menurut McLuhan (dalam Sihkabuden, 1985:2) media merupakan suatu sarana atau channel sebagai perantara antara pemberi pesan kepada penerima pesan.[1]

Pengertian Media menurut Para Ahli[2] :

  1. Lislie. J. Briggs menjelaskan bahwa media adalah sarana fisik untuk menyampaikan materi atau isi pengajaran, seperti buku, film, slide dan lain-lain.
  2. Hamalik menyatakan bahwa media pendidikan adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran disekolah.

       Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan, dan terkendali.

        Pemilihan media pembelajaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses belajar siswa, hal tersebut sejalan dengan pendapat yang dikemukakan Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2002: 2) tentang pemanfaatan media pengajaran dalam proses belajar siswa, sebagai berikut[3] :

a)      Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.

b)      Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.

c)      Metode pengajaran akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal  melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi bila guru harus mengajar untuk setiap jam pelajaran.

d)     Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan lain-lain.

B.     Fungsi dan kegunaan media pembelajaran

Salah satu alasan penggunaan media pembelajaran adalah terkait dengan manfaat media pembelajaran bagi keberhasilan belajar mengajar di kelas. Salah satu aspek yang menentukan keberhasilan dalam belajar mengajar adalah pemilihan media pembelajaran yang tepat. Menurut Hamalik (1986), media pembelajaran yang tepat dapat membangkitkan motivasi, keinginan minat, dan rangsangan kepada siswa. Sehingga dapat membantu pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, memadatkan informasi.[4] Oleh karena banyaknya manfaat yang diperoleh dari pemanfaatan media pembelajaran, maka guru sebagai sumber pembawa informasi bagi peserta didik hendaknya menyadari akan pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran.

Media pembelajaran dalam proses belajar bermanfaat agar:

  1. Pembelajaran lebih menarik perhatian sehingga menumbuhkan motivasi belajar siswa, materi pembelajaran akan lebih mudah dipahami oleh siswa.
  2.  Metode mengajar menjadi lebih variatif sehingga dapat mengurangi kebosanan belajar, siswa lebih aktif melakukan kegiatan belajar.[5]

Beberapa fungsi media pembelajaran antara lain[6] :

  1. Pemusat perhatian siswa dan mengaktifkan respon siswa.
  2. Membantu siswa memahami materi pembelajaran
  3. Membantu siswa mengorganisasikan informasi
  4. Membangkitkan motivasi belajar siswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih konkret, mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra, mengaktifkan pembelajaran dan mengurangi kemungkinan pembelajaran yang melulu berpusat pada guru

Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan hal ini yakni QS. Al-Isra’ Ayat 84 :

ö@è%@@à2ã@yJ÷ètƒ4’n?tã¾ÏmÏFn=Ï.$x©öNä3š/tsùãNn=÷ær&ô`yJÎ/uqèd3“y‰÷dr&Wx‹Î6y™ÇÑÍÈ  

Artinya : Katakanlah: “Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing”. Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalanNya.

Dalam dunia pendidikan, seorang guru yang hendak mengajarkan suatu materi kepada muridnya dituntut menggunakan media sebagai pembantu sampainya materi tersebut. Media yang dipergunakan tidak harus berupa media yang mahal, melainkan media yang benar-benar efisien dan mampu manjadi alat penghubung antara seorang guru dengan murid agar materi yang diajarkan dapat diterima dan dipahami secara maksimal. Sedangkan Ayat yang berkaitan dengan Penggunaan alamat medianya.[7] yaitu QS. An-Nahl 81 :

ª!$#urŸ@yèy_/ä3s9$£JÏiBšYn=y{Wx»n=Ïߟ@yèy_ur/ä3s9z`ÏiBÉA$t6Éfø9$#$YY»oYò2r&Ÿ@yèy_uröNä3s9Ÿ@‹Î/ºuŽ| ãNà6‹É)s?§ysø9$#Ÿ@‹Î/ºty™urOä3ŠÉ)s?öNà6y™ù’t/4y7Ï9ºx‹x.OÏFーçmtGyJ÷èÏRöNà6ø‹n=tæöNä3ª=yès9šcqßJÎ=ó¡è@ÇÑÊÈ  

Menurut analisa penulis, Dalam ayat ini secara tidak langsung Allah mengajarkan kepada manusia untuk menggunakan sebuah alat/ benda sebagai suatu media dalam menjelaskan segala sesuatu. Sebagaimana Allah Swt menurunkan Al Qur’an kepada Nabi Muhammad Saw untuk menjelaskan segala sesuatu, maka sudah sepatutnya jika seorang menggunakan suatu media tertentu dalam menjelaskan segala hal.Ayat diatas juga menjelaskan tentang bagaimana seharusnya syarat suatu media yang akan digunakan. Pada surat An Nahl ayat 89 juga dijelaskan bahwa  Al Qur’an selain berperan untuk menjelaskan, juga merupakan sesuatu yang berfungsi sebagai petunjuk, rahmat, dan pemberi kabar gembira bagi orang yang menyerahkan diri.

Demikianlah peranan media dalam pembelajaran. Guru janganlah bersikap pesimis dengan keberadaan media, bahkan seharusnya guru merasa terbantukan dengan adanya media yang baik sehingga guru dapat menjalankan peran yang lain seperti memberikan perhatian dan bimbingan secara individual kepada siswa yang mungkin selama ini kurang atau bahkan tidak mendapat perhatian. Sehingga guru lebih berfungsi sebagai penasehat,pembimbing, motivator dan fasilitator dalam proses belajar mengajar.[8]

C.     Dasar/Landasan Penggunaan Media Pembelajaran.

Ada beberapa tinjauan tentang landasan penggunaan media pembelajaran, antara lain landasasan filosofis, psikologis, teknologis dan empiris.[9]

  1. Landasan Psikologis

Dapat dikatakan bahwa belajar itu adalah suatu proses yang mengakibatkan adanya perubahan perilaku oleh adanya pengalaman.

  1. Landasan Empiris

Temuan-temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan karakteristik belajar siswa dalam menentukan hasil belajar siswa. Artinya, siswa akan mendapat keuntungan yang signifikan bila ia belajar dengan menggunakan media yang sesuai dengan karakteristik tipe atau gaya belajarnya.

  1. Landasan Teknologis[11]

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, teknologi komunikasi dan informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat untuk selanjutnya berpengaruh terhadap pola komunikasi di masyarakat. Tuntutan masyarakat yang semakin besar terhadap pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat pendidikan tidak mungkin lagi dikelola hanya dengan pola tradisional, karena cara ini tidak sesuai lagi dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat.

  1. Landasan Filosofis

Konsep model pendidikan secara filosofis mirip dengan model pendidikan klasikal, yaitu bertumpu pada asumsi bahwa model pendidikan itu hendaknya merupakan suatu bentuk atau contoh utama dari masyarakat yang lebih luas sebagai hasil karya pendidikan. Dengan demikian, maka dalam konteks masyarakat yang lebih luas titik berat penekanannya ditujukan kepada dimensi- dimensi, kecenderungan- kecenderungan untuk  timbulnya masyarakat teknologi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/pengertian-media-pembelajaran.html

http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-media-pembelajaran-menurut_23.html

Definisi Media Pembelajaran

http://tugasku-4u.blogspot.com/2013/05/makalah-tentang-media-pembelajaran.html

http://www.bakharuddin.net/2012/08/fungsi-dan-manfaat-media-pembelajaran.html

http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2013/04/10-fungsi-media-pembelajaran.html

Tafsir dan Analisa Ayat-ayat tentang Media Pendidikan

http://www.balikpapanpos.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=80462             

LANDASAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN

http://syifajulia.blogspot.com/2012/04/landasan-penggunaan-media-pembelajaran.html

 

 

 

[1] http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/pengertian-media-pembelajaran.html

[2] http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-media-pembelajaran-menurut_23.html

 

[3] http://neozonk.wordpress.com/2012/09/19/definisi-media-pembelajaran/

[4] http://tugasku-4u.blogspot.com/2013/05/makalah-tentang-media-pembelajaran.html

[5] http://www.bakharuddin.net/2012/08/fungsi-dan-manfaat-media-pembelajaran.html

[6] http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2013/04/10-fungsi-media-pembelajaran.html

[7] http://makalah27.wordpress.com/2011/09/26/tafsir-dan-analisa-ayat-ayat-tentang-media-pendidikan/

[8] http://www.balikpapanpos.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=80462   

[9] http://niamw.wordpress.com/2010/04/30/landasan-penggunaan-media-pembelajaran

[10] http://syifajulia.blogspot.com/2012/04/landasan-penggunaan-media-pembelajaran.html

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment